RSS

Ayoo NgeBlog !

Ada sebuah ungkapan “Orang bodoh hidup untuk makan, namun orang bijak makan untuk hidup” Lantas apakah tujuan hidup orang bijak? Hidup adalah sebuah perjuangan manusia dalam mencari jati diri di dunia. Blog ini merupakan bentuk visualisasi jati diriku sebagai manusia, yang berusaha merekam apa yang telah terjadi dan yang akan terjadi disekitar duniaku lewat sebuah susunan kata, potret hidup dan jejak perjalanan. Blog juga merupakan media komunikasi untuk saling bertukar informasi (sharing) antar sesama pengguna internet.
Awal mula membuat blog adalah karena ada tugas praktikum di kampus, dan memiliki sebuah blog adalah dambaan ku sejak lama disamping untuk menumpahkan bakat alam ku, yaitu mengarang. Memang    sejujurnya saya  “agak” jago mengarang sejak SD. Sengaja saya kasih kata “agak” biar nggak terlalu kelihatan banget jagonya he.. he.. Saya masih ingat, nilai pelajaran bahasa Indonesia saya selalu bagus, ya paling kecil nilainya 80-an lah.

Sambil menunggu kantuk, saya iseng searching / browsing menggunakan hape abadi kebanggaan saya Sony Ericsson K880i. Di internet, ternyata banyak sekali artikel mengenai manfaat blog, dari yang bersifat finansial atau bisnis, pengetahuan hingga manfaat yang bersifat psikologis. Buat saya, poin terakhirlah sepertinya yang pas buat keadaan saya saat ini.

Secara psikologis saya memang terpuaskan, karena dengan memiliki blog saya bebas menuliskan apa saja yang ada dalam otak saya. Seperti dalam tagname blog saya : Catatan Ku. Menarik karena jika diolah dalam kalimat bisa menjadi bahan bacaan, bahan renungan dan bahan dokumentasi. Saya belum berharap banyak pada kunjungan pengguna internet terhadap blog saya ini, karena sepertinya yang paling banyak membuka blog saya, ya - saya sendiri he.. he… selebihnya ya satu dua teman di kampus.

Punya blog memang berkesempatan mengeruk untung. Buat saya hal itu juga masih di awang-awang, lah namanya juga masih belajar dan isi artikelnya ya cuma curhat-an aja. Kalau share pengetahuan? Mungkin nanti. Gini-gini kan saya khan aktivis senat di kampus. Yang menarik, dalam browsing semalam saya, saya menemukan statement bahwa blog sangat bermanfaat sebagai sarana pelampiasan emosi kejiwaan alias curhat. Sepertinya memang masuk akal. Dari pada emosi dan uneg-uneg dilampiaskan dalam bentuk fisik yang destruktif kan lebih aman dilampiaskan lewat blog. Bisa menggunakan bahasa yang santun dan tidak menyinggung pihak lain, bisa juga menggunakan bahasa yang meledak-ledak dan memerahkan telinga. Cuma ya itu, resiko ditangan pemilik blog kan? Kan yang penting emosi terlampiaskan. Buat yang nggak emosian dan hidupnya lempeng-lempeng saja, blog paling tidak menjadi sarana penulisan pengalaman hidup anda (seperti saya ini).

O ya, para ahli bilang dengan menulis atau mengarang akan membuat otak anda tetap fresh dan terjaga kesehatannya. Memiliki blog ibarat mempunyai perusahaan koran atau majalah sendiri. Kita menjadi penulis sekaligus wartawannya, editornya dan kita juga penerbitnya. Semuanya instan, langsung dan tidak pakai tanggal terbit. Begitu kita selesai menulis artikel blog kita, langsung bisa terbit dan bisa dibaca oleh orang diseluruh dunia! Meski pada jam 12 malam sekalipun. Cuma ya itu, isi blog adalah cerminan hidup kita. Mau baik atau buruk semuanya tergantung bagaimana kita menyikapinya .

Apakah tulisan saya ini juga berarti ajakan untuk membuat blog? Bisa saja. Karena kalau kita bandingkan dengan fenomena facebook, friendster, twitter dan situs jejaring sosial lainnya, blog banyak mempunyai kelebihan. Yang jelas sama-sama gratis, bisa jadi ajang promosi, media online, tempat pasang iklan, tempat ide tertuang, tempat sharing pengetahuan, tempat curhat-curhatan dan tempat sosialosasi. Dan jangan khawatir, di blog kita tetap bisa narsis dengan memajang foto-foto anda kok. Dan selayaknya facebook dan friendster, blog tetap bagaikan pisau bermata dua. Semuanya tergantung apa yang kita pasang dan kita tulis di blog. Maka kita akan mendapat manfaatnya atau mudlaratnya, Waspadalah-waspadalah.

Kiranya cukup disini dulu tulisan perdanaku kali ini. Tidak ada niatan saya untuk menggurui atau menyombongkan diri mengajarkan kalian membuat blog. Namun begitu gak ada salahnya dengan membuat blog kita bisa memperluas wawasan, yang jelas keberadaan diri aku saat ini sudah di akui di dunia maya. Banyak tutorial blog yang bisa membantu kita untuk menjadikan blog kita menjadi bagus diantaranya yaitu Blog Kang Rohman Nah, berminat membuat blog ..? klik aja tulisan Blog Kang Rohman diatas.

1 komentar:

Dian Nawang Sari mengatakan...

Hallo cowok.... Met kenalan. OOoo jadi bikin blog karena ada tugas praktikum dari kampus. Update terus blogmu, pelajari trik ngeBlog dari Kang Rohman.

Posting Komentar